Jumat, 29 Maret 2013

Cara Membuat Api Tanpa Korek


Bagi anda yang hobi berpetualang, mungkin akan sangat terhambat jika anda tidak mempunyai korek api. Karena korek api dapat anda gunakan untuk menyalakan api secara instan. Lalu bagaimana jika anda sudah kehabisan korek api?
Jika kehabisan korek api/gas/parafin/minyak tanah/spirtus serta bahan bakar lainnya, maka kita dapat memanfaatkan benda-benda disekeliling kita untuk membuat api.

Bahan-bahan:
Ranting/daun kering, serbuk batang kering yang dapat dimanfaatkan sebagai penyala api.
Sobekan kain kering, dll

Cara membuat api tanpa korek dengan cara-cara berikut ini :
Cara membuat api dengan lensa

Cara ini hanya dapat anda gunakan jika terdapat sinar matahari yang terik. Dengan bantuan sinar matahari tersebut, pakailah lensa cembung, dimana titik api mengenai bahan penyala api. Lensa dapat berupa kaca pembesar, lensa kamera SLR, lensa teropong, atau kacamata anda (kacamata plus) , dll.
Cara membuat api dengan tali sepatu
cara membuat api yang lain

Cara yang lain adalah dengan menggesek-gesekan batang kayu yang keras, dengan sekeliling gesekan tadi diberi ranting kering. Namun hal ini sangatlah susah dilakukan dan membuutuhkan kesabaran yang luar biasa.
Cara membuat api tanpa korek ini tentu saja dibutuhkan kesabaran untuk memperoleh nyala api. Cara ini adalah ide yang sangat berharga dalam kondisi darurat. Semoga bermanfaat

Copyright by: www.teknologisederhana.com . Terima kasih sudah menyebarluaskan aritkel ini 

1 komentar:

Terima kasaih atas masukan Anda.